• Awal Mula Youtube
Youtube pertama kali didaftarkan secara administrasi bertepatan dengan hari Valentine, yakni pada tanggal 14 Februari 2005. Entah ke bertepatan ini disengaja atau tidak oleh ketiga pendirinya yang merupakan eks karyawan Paypal. Adalah Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim yang memprakarsai berdirinya Youtube. Saat itu, mereka mendaftarkan sebuah ruko di San Mateo, California sebagai alamat resmi Youtube. Misi awal mereka adalah menjadikan Youtube sebagai platform kencan online berbasis video.
Namun keinginan tersebut tidak berjalan mulus. Youtube hanya dikunjungi oleh segelintir orang dan sayangnya mereka tidak tertarik. Ketiga pemuda tersebut memasang iklan di platform iklan bernama Craigslist. Tidak main-main, Youtube berjanji akan memberikan 20 dollar Amerika Serikat bagi siapa saja yang mau mengunggah video di platformnya.
Video yang diunggah masih berhubungan dengan kencan online. Isinya harus menerangkan pasangan yang didambakan oleh pengunggah. Sayang, iming-iming tersebut masih belum membuahkan hasil. Tidak ada yang tertarik dengan Youtube.
Hal ini menyebabkan ketiga founder Youtube kebingungan. Mereka mengevaluasi Youtube. Kemana Youtube akan dibawa? Evaluasi tersebut menjadi titik balik perusahaan berlogo panah putih di dalam kotak merah ini.
Kebijakan baru Youtube adalah membuka pintu selebar mungkin kepada siapapun yang ingin memposting video apapun. Dan video pertama yang diunggah di platform ini adalah video co-founder mereka, Jawed Karim, yang sedang berkunjung di kebun binatang Diego Zoo. Video yang berdurasi 19 detik tersebut diberi judul Me at the Zoo.

Di video tersebut, Jawed Karim menceritakan apa yang ia lihat. Ia menceritakan keunikan gajah terdapat pada belalainya yang panjang. Hingga saat ini, video tersebut masih dapat Anda temukan di youtube. Video tersebut diposting pada tanggal 23 April 2005 oleh channel jawed dan telah ditonton sebanyak 222 juta kali. 

  • Youtube Melesat dan Mendapatkan Suntikan Dana
Pada bulan Mei 2005 meluncurkan versi beta. Pada waktu itu, Youtube didirikan sebagai perusahaan yang didanai oleh individu (angel investor) yang kaya. Enam bulan kemudian, perusahaan ini mendapatkan investasi dana dari capital venture (perusahaan pemodal) Sequoia Capital sebesar 3,5 juta dolar Amerika Serikat. Di bulan inilah, Youtube diumumkan secara resmi.
Sejak mengganti strategi perangnya, Youtube mengalami lonjakan yang sangat signifikan. Pada Januari 2006 saja, penonton video di Youtube melonjak hingga mencapai 25 juta pemirsa. Sementara pada bulan Juli 2006, situs ini memiliki 65.000 video yang diunggah setiap harinya dan dikunjungi sebanyak 100 juta kali dalam satu hari.
Pertumbuhan yang positif tersebut mendorong Sequoia dan Artist Capital sebagai capital venture menggelontorkan dana tambahan sebesar $8 juta untuk Youtube pada April 2006. Operasional Youtube semakin baik, hasil yang didapatkan semakin besar. Youtube semakin tak terbendung.

  • Dibeli Google
Popularitas Youtube meningkat dibarengi dengan munculnya berbagai masalah baru. Youtube memerlukan lebih banyak komputer dan koneksi internet broadband yang lebih canggih. Perusahaan ini juga menghadapi masalah klaim hak cipta.
Youtube juga perlu memaksimalkan komersialisasi produk-produknya. Kondisi tersebut terakumulasi dan pada satu waktu tertentu, Steve Chen Hurley, Chad Hurley, dan Jawed Karim terdorong untuk menjual Youtube. Keputusan besar ini akan menjadi tonggak sejarah bagi mereka dan kita semu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH KOMPUTER